Google Serp

Berbagai Macam Penyebab Artikel Anda Hilang Dari GOOGLE SERP

Halo Cafada Friends, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi seputar hilangnya artikel atau postingan Anda dari Google SERP. Bagi yang belum tau tentang SERP, akan saya berikan sekilas informasi mengenai si SERP ini. SERP adalah sebuah kependekan dari “Search Engine Result Page” dimana hal tersebut merupakan salah satu unsur penting bagi kelangsungan sebuah website selain dari unsur SEO ataupun lainnya. SERP ini biasanya berfungsi setelah sebelumnya artikel atau judul postingan Anda telah ter=index terlebih dahulu. Semisal Anda menulis sebuah artikel tentang “Bagaimana Memilih OS untuk Server Sesuai Kebutuhan” maka untuk mengecek SERP artikel atau postingan tersebut yaitu dengan cara mengetikkan judul artikel Anda secara sama persis di kolom kata kunci pencarian yang ada di sebuah mesin pencari (khususnya Google). Tentunya hal tesebut harus Anda lakukan ketika artikel tersebut sudah terindex sebelumnya dengan cara ketikkan “site:namawebsite.com” di kolom kata kunci pencarian Google dan kemudian carilah judul artikel tadi untuk melihat apakah sudah ter-index atau belum. Jika sudah ter-index maka carilah judul tersebut secara persis dan carilah posisi artikel yang sobat miliki berada di dalam rentang halaman hasil pencarian Google dari halaman pertama hingga sobat temukan artikel milik sobat tadi.

Nah, apabila judul artikelnya sudah ditemukan berarti artikel di blog atau website sobat cafada sudah memiliki SERP. Untuk posisi halamannya tinggal bergantung dari SEO masing-masing. Akan tetapi terkadang setelah sobat temukan artikel tersebut kemudian menghilang dari SERP Google begitu saja beberapa waktu setelahnya. Duh bagaimana ini, kok bisa begitu saja menghilang ???

SERP on Google

SERP on Google

Search Engine Result Page

Untuk saat ini ada jutaan artikel yang dipublish oleh semua website, blog, maupun media sosial dari seluruh dunia dan dari semua artikel yang ada bukan tidak mungkin ada puluhan, ratusan, hingga mungkin jutaan artikel yang mirip dengan milik sobat cafada. Dan dari semua artikel yang dipublish tersebut pastinya ingin nangkring pada posisi yang baik di Search Engine. Dari banyaknya jumlah tersebut maka Search Engine akan melakukan pemindaian terhadap semua artikel yang ada dengan berbagai pertimbangan, ada yang langsung nongol di page one, ada yang SERP nya masih di Sirep alias belum nongol.

Kalau langsung masuk di page one dan bisa bertahan lama berarti mantap dah, kalau masih di sirep alias belom nongol berarti musti bersabar dulu, nah kalau udah muncul tapi kemudian ilang dan dicari dari halaman pertama hingga halaman buntut kok tidak ditemukan, nah ini yang jadi masalah. Dari berbagai pengalaman dan juga informasi yang tersebar, ada beberapa penyebab dari hilangnya SERP Google artikel sobat. Diantaranya yaitu:

A. Kompetisi dengan blog/website lain yang mengusung judul artikel yang sama. Kalau ada website lain yang menulis artikel yang judulnya sama dengan artikel milik sobat maka jangan kaget kalau artikel milik sobat tiba-tiba menghilang. Apalagi jika website orang lain tersebut memiliki tingkat SERP,SEO,dan juga reputasi yang lebih baik maka pastinya artikel sobat bakal tergeser oleh artikel milik orang lain tersebut. Kalau blog sobat dan blog orang lain tersebut memiliki tingkat SERP,SEO, reputasi dan sebagainya yang hampir sama atau bahlan sama maka terkadang akan muncul kedua-duanya ataupun juga hilang semuanya hingga nantinya akan tersisa 1 yang search engine anggap lebih baik.

B. Layaknya penjual makanan ta’jil ketika bulan puasa, artikelpun juga memiliki musim dimana topik-topik tertentu menjadi populer dan menyebabkan banyak bermunculan saingan-saingan dari artikel sobat. Nah kalau sudah begini maka mesin pencari biasanya akan mengambil artikel-artikel terbaru dari website yang memiliki tingkat predikat lebih baik dan kemudian menggeser artikel sobat. Namun demikian, ketika topik tersebut sudah mulai surut terkadang artikel sobat dapat kembali muncul dengan peringkat yang lebih baik.

C. Adanya website lain yang melakukan Grabbing atau Mencopy sebagian atau keseluruhan artikel sobat. Dengan begitu maka kasusnya akan menjadi seperti yang telah disebutkan pada point A sebelumnya. Jika ini terjadi maka sebaiknya sobat melakukan beberapa perubahan baik di isi artikel, keyword, description, ataupun judulnya untuk sedikit membedakan dengan sang kompetitor yang melakukan Grabbing atau Copy/Paste.

D. Permasalahan pada website sobat. Permasalahan ini bisa diakibatkan oleh beberapa sebab yang diantaranya adalah permasalah dari server/hosting dan juga dari website sobat sendiri. Untuk masalah server/hosting biasanya diakibatkan karena adanya server error, kena limit bandwidth, ataupun dari pihak hosting melakukan suspend terhadap website sobat. Untuk yang berasal dari website misalnya adanya perubahan pengaturan pada file robots.txt sehingga Search Engine tidak dapat mengakses dan men-Crawl website sobat ataupun adanya kesalahan redirection.

E. Dicap sebagai salah satu bentuk spamming atau sejenisnya hingga terkena SandBox. Periksa kembali aktivitas-aktivitas website yang sobat kelola selama ini. Adakah dari aktivitas-aktivitas tersebut yang bertentangan dengan TOS/ketentuan dari search engine (dalam kasus ini adalah Google). Yang perlu diingat adalah untuk SandBox saat ini selalu diterapkan oleh Google untuk website/blog baru. jangka waktunya biasanya dari 1 hingga 6 bulan sebelum keputusan akhir apakah lolos SandBox atau tidak.

F. Yang paling akhir adalah sesuatu hal yang paling ditakuti oleh para pemilik web/blog , yaitu De-Index. Nah kalau udah kena deindex maka bukan hanya satu artikel saja tapi seluruh data yang berhubungan dengan website sobat akan lenyap begitu saja tanpa tersisa (kalaupun ada itu paling cuman history yang dicatut oleh web lain).

Hal-hal di atas merupakan faktor-faktor yang biasanya sering terjadi. Sebenarnya masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi fluktuasi dari SERP tersebut. Yang terpenting adalah selalu untuk belajar membuat website yang memiliki SERP, SEO dan sejenisnya yang baik. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan dan informasi bagi para webmaster yang bingung kenapa SERP nya kok tiba-tiba hilang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CafadaNet Your IT Partner and Solutions located at Indonesia , JGY, ID . Reviewed by 608 customers rated: 4.8 / 5